Rumah Matematika solusi cerdas untuk Masalah Matematika anda

Rumah Matematika Pontianak KALBAR

Minggu, 20 November 2011

TAHU, SUKA DN YAKIN dengan apa yang anda lakukan !

"Tahu, suka dan yakin" dengan apa yang anda lakukan___anda akan menjadi orang yang paling berbahagia. Dan telah saya buktikan bahwa pernyataan tersebut benar. Tahun 2005 saya membentuk penanganan lengkap untuk matematika yang saya namakan "RUMAH MATEMATIKA". Tujuannya adalah untuk membuat suatu perbedaan dalam cara pandang seseorang mengenai matematika. Saya yakin,
tidak ada ketidakmampuan mengerjakan matematika___yang ada hanya orang-orang yang mengerjakannya dengan cara-cara yang lazim. seperti masalah dalam hidup, ada lebih dari satu cara untuk memecahkan problem matematika
* * Sesuai tujuan, Rumah matematika berhasil membuat suatu kejutan, program utama kami yaitu motivasi terhadap matematika, ditujukan kepada semua orang. Kami dapati, para orang tua dan yang lainnya begitu antusias untuk mempelajari cara kami yang kreatif dan menyenangkan dalam memanipulasi angka-angka. Ketakutan akan matematika yang telah lama membekas____yang sering mereka hindari____sekarang mereka hadapi demi tanggung jawab untuk membantu anak-anak dalam mempelajarinya. Dengan mengabaikan rasa takut, bersedia mencoba segala cara, mereka akui program kami berguna, baik untuk mereka sendiri maupun anak-anak. * * Kami juga senang, sedang para guru begitu antusias mempelajari metode-metode baru yang belum mereka ketahui. Dapatkah anda bayangkan menjadi seorang guru dewasa ini? Bayangkan mendidik anak dari jauh melalui berbagai alur untuk menjelaskan matematika dengan metode yang sama yang telah digunakan selama 100 tahun terakhir ini ! Saya hadir ke suatu kelas selama satu jam, memperlihatkan beberapa metode baru mengerjakan matematika dengan cara yang menyenangkan. Umumnya para guru melihat metode ini untuk yang pertama kalinya. Tanggung jawab mendidik anak tidak dapat diserahkan begitu saja kepada guru. Kita semua harus berpartisipasi____ tidak hanya para guru melainkan juga para orangtua dan semua pihak yang terkait. Kami menawarkan metode baru yang kreatif, yang dapat dimengerti oleh otak kiri dan kanan orang yang mempelajarinya. Setiap orang dapat mempelajari matematika dan menikmatinya. Angka-angka ada disekitar kita setiap hari. Semua profesi menggunakan matematika. Orang yang tidak dapat berhitung sama seperti orang yang tidak dapat membaca. Banyak sekali guru-guru yang mengajarkan matematika dengan melakukan pendekatan terhadap matematika dengan cara yang melumpuhkan peserta didik, melalui kebiasaan yang lazim berlaku !!! Jika anda pegang keyakinan-keyakina yang keliru seperti, "Anak perempuan tidak dapat belajar matematika. Orang yang pandai berbahasa, jelek dengan matematika. Tidak perlu mengetahui matematika karena ada kalkulator dan komputer yang mengerjakannya"_______ ditambah tradisi mengajar yang menegangkan, anda dipastikan akan mengalami kegagalan !!. . . Untuk apa seorang murid diminta maju kedepan kelas didepan anak-anak lainnya, untuk membuktikan apakah dia dapat mengerjakan soal? Untuk apa diberi waktu 10 menit mengerjakan 20 soal? Untuk suatu peringkat? . . Hal ini menakutkan, juga betapa sedikit kita menantang anak-anak dala kelas untuk berpikir. Dewasa ini banyak pelajar SMA hanya berbekal matematika umum. Kita meminta tidak banyak dari anak-anak. Sedikit yang kita harapkan. sedikit pula yang kita peroleh... . . . Tidaklah harus demikian. Salah satu pengalaman yang paling mengesankan bersama anak-anak terjadi dibeberapa kelas dan beberapa sekolah yang saya pernah masuki. Saya diminta mengajar dikelas-kelas tersebut. Setelah beberapa latihan, mereka meminta untuk mengerjakan soal-soal dari yang sederhana sampai yang bervariasi. Mereka mengerjakannya lebih cepat dari menuliskannya dipapan tulis. Sambil mengacungkan tangan, mereka meneriakkan jawabannya. Setiap anak dalam kelas tersebut bergembira, tidak ada seorang pun terkecuali semua anak berpartisipasi. Beberapa salah menjawab, namun tidak mengapa karena meraka tahu tidak apa-apa menjawab salah. Hal itu juga saya terapkan di Rumah Matematika. . . Ketika anak-anak diberikan cara kreatif untuk mengatakan kecemasan, mereka menjadi antusias dan termotivasi. Suatu waktu, bila para guru memahami, bahwa ada banyak pendekatan mengenai matematika, antusias pada pelajaran ini akan menyebar. Itulah saat nilai pelajaran matematika berkembang. . . Saya menyalami anda dengan "tahu, suka, dan yakin dengan yang anda lakukan____dan anda akan menjadi orang yang paling bahagia" ... Saya selalu menikmati matematika. Waktu kecil, saya berpikir semua orang dewasa dapat berbuat apa yang saya perbuat, yaitu mencintai matematika.. .. Saya telah mendengar banyak cerita menyeramkan dalam tahun-tahun belakangan ini tentang pengalaman mempelajari matematika___cukup menyadarkan betapa beruntungnya saya atas diterimanya pelajaran matematika dengan metode yang saya terapkan. . . SAYA BERHARAP DAPAT MENGHILANGKAN MITOS yang mengatakan Matematika hanyalah untuk orang dungu. . Dalam suatu tugas, seorang teman meminta saya membantu anaknya yang gagal dalam pelajaran matematika. Setelah mengajarkan padanya cara-cara baru dalam menyelesaikan soal matematika, saya ,elihat ada suatu kepuasan dan tanggapan positif pada dirinya. Gurunya tercengang akan kemampuannya sekarang dan meminta saya untuk mengajarkannya juga pada murid yang lain. Inilah saat saya mulai yakin dengan rahasia yang saya ungkapkan pada para guru dan anak-anak mengenai matematika. Saya yakin setiap orang mampu dan saya dapat menuntun mereka untuk menyukai apa yang sedang saya lakukan. ..... Saya telah berbicara dengan ribuan pelajar dan jika mungkin membantu mengubah hidup mereka menjadi lebih baik BY: RUMAH MATEMATIKA OWNER

2 komentar:

  1. Bu Erva, saya sangat menyukai cara anda menulis.
    saya sudah membaca artikel-artikel yang anda tulis.
    saya ingin minta bahan ajar ibu utk matakuliah Matematika diskrit,,
    tolong kirimkan di email
    nuzulrirwana@yahoo.com

    trms
    By: ibu Nur
    Guru SMAN 5 Semarang

    BalasHapus
  2. thx bu
    bahannya sudah saya emailkan ke email ibu

    BalasHapus