Rumah Matematika solusi cerdas untuk Masalah Matematika anda

Rumah Matematika Pontianak KALBAR

Minggu, 20 November 2011

SEBENARNYA METODE APA YANG DIPAKAI DIRUMAH MATEMATIKA???

MATEMATIKA, KENAPA SAYA SUKA? SIAPA yang BERPERAN DALAM KECINTAAN INI? MENGAPA RUMAH MATEMATIKA DIPILIH? 
Banyak orang bertanya kepada kami,apakah metode yang kami gunakan sama dengan metode yang sering dipakai oleh para guru-guru pada umumnya....? apakah sama dengan metode yang dibuat oleh para pakar? apakah sama dengan metode yang dibuat Jakow Trachtenberg ? ............... Jakow Trachtenberg telah mengilhami jutaan orang dengan metode-metode dan pendekatan revolusionernya yang digunakan untuk mengerjakan matematika. Buku-buku karangan Jakow Trachtenberg juga mengilhami saya ketika saya masih kecil, sekitar umur 9 tahun.... Setelah membaca bukunya, saya menjadi terinspirasi untuk bisa membuat metode perhitungan yang cepat yang mungkin belum terbayangkan oleh orang lain. 
Dari ide Jakow Trachtenberg dan pakar-pakar lainnya seperti Bill Handley dsb, saya menjadi suka untuk bekerja, bermain, dan beruji coba dengan bilangan. dan Sebenarnya, tahukan kamu siapa yang berada dibalik kecintaan saya pada bilangan? angka? berhitung? 
dialah IBU saya, 
Jakow Trachtenberg dan para pakar lainnya mengilhami saya.
Namun Ibu saya memberi saya wawasan,kesempatan,ilmu dan penerapan.
Saya berhutang banyak kepadanya...
Metode-metode yang saya gunakan tidak sama dengan metode-metode yang digunakan Jakow Trachtenberg walaupun ada beberapa yang mirip dan saling melengkapi. Kami menggunakan rumus yang sama untuk mengkuadratkan bilangan-bilangan yang berakhir dengan lima. Jakow Trachtenberg juga mengajarkan untuk menghilangkan angka 9 untuk memeriksa jawaban. Akan tetapi dia menggunakan cara yang berbeda untuk perkalian dari 1 sampai 12, sebaliknya saya menggunakan rumus tunggal. Setiap kali guru,siswa atau orang tua siswa mencoba menghubungkan metode saya dengan metode Jakow Trachtenberg, saya akan menganggapnya sebagai sebuah pujian. Metode-metode, pendekatan, gaya, dan segala yang ada di Rumah Matematika adalah milik saya.. Saya sedang membuat buku panduan untuk guru dengan penjelasan cara untuk mengajarkan metode-metode saya dikelas. Bayangkan dirimu bisa menghitung bilangan-bilangan besar tanpa menggunakan kalkulator , bahkan lebih cepat jika dibandingkan dengan menggunakan kalkulator. Bayangkan kamu bisa memeriksa kesalahan hitungan dengan cepat. Bisakah kamu membayangkan reaksi teman-teman dan keluargamu jika kamu bisa menghitung akar kuadrat, bahkan akar pangkat tiga dengan cepat? Akankah mereka memberimu, julukan orang yang luar biasa cerdas? Akankah mereka memberikan perlakuan yang berbeda kepadamu? Bagaimana dengan guru, dosen, teman kerja dan pimpinanmu? Sebagian besar orang menganggap bahwa kemampuan matematika sama dengan kecerdasan. Jika kamu dapat menghitung perkalian, pembagian, pengkuadratan, dsb dengan cepat tanpa alat apapun juga, dan lebih cepat dari mereka yang menggunakan kalkulator, maka kamu akan dianggap sebagai orang yang sangat luar biasa cerdas. Saya telah mengajarkan sebagian cara untuk menghitung cepat seperti yang anak-anak rumah matematika pelajari, kepada anak sebelum masuk kelas satu SD. Hasilnya, sejak SD sampai SMA ia diperlakukan seperti anak ajaib. Para siswa kami yang sudah paham dengan cara menghitung cep[at ini mendapat julukan jenius, karena dapat memberi jawaban soal-soal matematika seolah-olah tanpa dipikirkan. Sebenarnya berhitung adalah permainan anak-anak yang bila dengan metode yang tepat akan menjadi sangat menyenangkan. Orang-orang yang telah saya sebutkan diatas dianggap sebagai orang yang luar biasa cerdas, dan mereka diperlakukan oleh teman-teman, keluarga, secara berbeda. Karena diperlakukan sebagai orang yang lebih cerdas, mereka cenderung untuk bertindak dengan lebih cerdas.
 BY : RUMAH MATEMATIKA DAN SAINS

2 komentar:

  1. Rumah matematika memang bagus.........
    by: Joni

    BalasHapus
  2. thanks pak joni
    Thanks juga atas supportnya utk Rumah matematika selama ini.....
    Thanks for erlangga atas kerja samanya

    BalasHapus